Souls of October, 2007

KEVIN MICHAEL’s “Kevin Michael”
– Beyond expectation, a star among the newcomers..

Release Date: October 2, 2007

oct-02-kevin-michael-2007-kevin-michael.jpgPendatang baru di R&B. Sekilas mengingatkan saya akan Van Hunt. Tapi bagi saya Kevin Michael lebih terasa ciri khasnya. Musiknya mengingatkan saya pada karya-karya Prince di awal karirnya. R&B, dengan campuran funk di sana-sini. Saat masuk track 3, Kevin mulai menghentak dengan funk-nya. Ada berbagai jenis aransemen di album ini, seperti yang biasa kita temukan dalam album-album funk. Permainan musiknya penuh dengan dinamika, dari yang nyaman di kuping, sampai yang aneh-aneh. Satu hal yang sangat saya suka adalah tidak terlalu banyaknya bunyi sampling di album ini. Jujur aja, saya memang lebih senang mendengarkan bunyi hi-hat akustik ketimbang sampling. Artis baru yang satu ini seakan penuh dengan ide, dan tidak ragu untuk menuangkannya di dalam album. Track 1 & 2 yang terdengar typical/ordinary, berubah menjadi sesuatu yang catchy & special saat menyimak versi akustiknya di dua lagu terakhir. Luar biasa.

Personal highlights: Can’t Get Enuff, Hood Buzzin’, Stone Cold Killa, It Don’t Make Any Difference To Me [Acoustic] (Ft. Akil Dasan), and We All Want The Same Thing [Acoustic] (Ft. Akin Dasan).

 

J-Holiday’s “Back Of My Lac”
– Another big hope..

Release Date: October 2, 2007

j-holiday-2007-back-of-my-lac.jpgBulan lalu saya mendengarkan singel dari J-Holiday. Bagus, tapi tidak luar biasa. Saya lalu teringat saat pertama kali menyimak singel Gotta Make It dari Trey Songz yang saya anggap biasa, namun pendapat saya berubah saat mendengarkan keseluruhan albumnya. Benar juga dugaan saya, ada beberapa lagu di albumnya yang buat saya jauh lebih bagus ketimbang singel pertamanya. Holiday merupakan campuran antara Trey Songz dan Lyfe Jennings, dilihat dari karakter vokal serta tema liriknya. Akhir-akhir ini memang tidak banyak artis pendatang baru yang hadir dengan suara dan lagu yang berbobot. Dari vokalnya, kita dapat merasakan bahwa jiwa R&B memang mengalir dalam darah Holiday, dan menurut saya para pembuat lagu harus mulai berpikir lebih untuk memberikan lagu yang ‘tepat’ bagi artis-artis berbakat. Saya hanya berharap semoga Holiday tidak terjebak membawakan lagu-lagu R&B yang tipikal. It would be a waste to such voice.

Personal highlights: Thug Commandments and Laa Laa.

 

TREY SONGZ’s “TREY DAY”
– Can’t help but wait..

Release Date: October 2, 2007

oct-02-trey-songz-2007-trey-day.jpgPertama kali dapat album ini, agak kecewa juga melihat sampul albumnya yang biasa banget. Cenderung membosankan malah. Masih lebih bagus album pertamanya. Kekecewaan bertambah saat mendengarkan lagu-lagunya. Tipikal. Hilang kesan Trey Songz yang di album pertamanya terasa sangat ‘pantas’ untuk berduet dengan Aretha Franklin. Sebenarnya album ini lebih variatif dari sebelumnya. Tapi ada kesan trey lebih banyak ngomong (baca: nge-rap) ketimbang nyanyi di album ini. Jujur saya kehilangan nuansa musik seperti Gotta Make It (Remix), Comin’ For You, dan Gotta Go. Buat saya, musik di album ini terasa sangat Mario/Ne-Yo (Ekh, berima). Trey adalah salah seorang penyanyi R&B yang sangat berbakat, mudah-mudahan album berikut dari Trey dikerjakan dengan lebih baik, dan tidak bolak-balik ngomongin masalah seputar doin’ it (baca: seks). It’s getting really, really annoying.

Personal highlights: Can’t Help But Wait, We Should Be, and Store Run.

 

JENNIFER LOPEZ’s “BRAVE”
– Another rapid descent..

Release Date: October 9, 2007

oct-09-jennifer-lopez-2007-brave.jpgSesuai dengan judulnya, Jennifer Lopez memang berani. Saya masih tak habis pikir mengapa ia masih bisa bertahan di dunia musik. Tak ada yang istimewa dalam album ini. Satu-satunya lagu yang cukup enak untuk ikut dinyanyikan mungkin hanya Wrong When You’re Gone. Apalagi saat membaca liriknya. Lagu “Stay Together” yang ditempatkan sebagai pembuka bercerita kalo sekarang itu yang lagi trend adalah stay together, bukan break up. Halah-halah. Beberapa teman saya mungkin akan langsung berkomentar basbang! (basi banget). Saya ingat terakhir kali saya mendengarkan J-Lo justru saat ia mengisi vokal di “Control Myself” milik LL Cool J. Lagu lain yang saya ingat adalah No Me Ames” versi Tropical. Itu malah bagus banget, terasa cozy. Personally, mungkin J-Lo harus mulai mempertimbangkan untuk stay di jalur latin jika ia masih ingin bertahan di dunia musik. So, musik? Biasa aja. Lirik? Basi. Satu-satunya yang saya suka dari album ini mungkin hanya cover depannya saja.

Personal highlights: Wrong When You’re Gone and Gotta Be There.

 

Angie Stone’s “The Art of Love and War”
– The deep and the comfy..

Release Date: October 16, 2007

angie-stone-2007-the-art-of-love-and-war.jpgBersama Label barunya, Stax, Angie Stone datang dengan album barunya, The Art Love Love and War. Judul yang sangat tepat untuk album ini, sesuai dengan tema yang diangkat dalam lagu-lagunya. Dalam lagu “Go Back To Your Life,” “Here We Go Again” Angie mengungkapkan kepahitan masa lalunya, tapi ia juga melukiskan kebahagiaan cintanya bersama suami barunya Ashanit dalam “Wait For Me” dan “Sit Down. Selain berubahnya label Angie, serta rambut barunya (Which I found a bit silly if you asked me), senang rasanya mengetahui bahwa eksistensi musik dewasa masih bertahan, dan Angie selalu menyajikan yang terbaik bagi penggemar musik berkualitas. Vokal dan aransemen musik Angie terdengar lebih smooth dalam album ini, hingga album ini terasa begitu nyaman untuk didengarkan. Tak sabar rasanya untuk melihat apa yang akan dilakukannya saat menggelar konser.

Personal highlights: Sit Down, My People, Half A Chance, and Baby.

 

SHEI ATKINS’ “GIRL TALK”
– Real music still lives on..

Release Date: October 16, 2007

may-1-shei-atkins-2007-girl-talk.jpgSetelah sukses dengan album pertamanya Life In Stereo, yang membuatnya dianugerahi penghargaan sebagai artis pendatang baru terbaik dalam Urban Gospel Awards 2005, Shei Atkins kembali dengan album barunya bertajuk “Girl Talk” di tahun 2007 ini. Terbungkus rapih dalam album berisi 2 CD, Shei banyak bercerita mengenai apa yang biasa terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari. Sesuatu yang kini semakin jarang terlihat dalam album-album sejenis. Walaupun lebih ditujukan pada para pendengar wanita, album ini tetap terkait pada semua orang.

Personal highlights: Going Nowhere, Lord I Love You, Praise My Way Out, Ghetto Princess and You Can Make It.

 

~ by Mahén on November 12, 2007.

Leave a Reply

 
