AMD Luncurkan Native Quad-Core

Bersaing ketat melawan Intel Corp., Advanced Micro Devices Inc., yang lebih dikenal dengan AMD, kembali mencoba untuk menembus pasar dengan merilis prosesor terbarunya bersifat native quad-core, yang belum dimiliki Intel. Intel memang sudah menawarkan prosesor quad-core, tetapi bukan yang bersifat native. Quad-core milik Intel masih berupa dua keping prosesor dual-core yang digabungkan, sementara native quad-core milik AMD merupakan empat inti komputasi yang ditanam langsing di sekeping silikon, yang diyakini mampu memiliki kinerja yang lebih tinggi serta lebih hemat daya, karena hanya memiliki sedikit penyumbatan (Bottleneck).

Seperti yang dikemukakan oleh CEO AMD Hector Ruiz, “Peluncuran AMD Opteron Quad-Core merupakan salah satu terobosan terbesar dalam industri mikro-prosesor. AMD Kembali meningkatkan level ekspektasi komputasi standar industri.” Pelanggannya pun menyambut baik peluncuran prosesor ini, karena begitu ideal digunakan pada server bisnis kelas atas.

AMD juga melengkapi kinerja perangkat barunya ini dengan sejumlah teknologi baru, seperti AMD Cool Core yang mampu meningkatkan efisiensi daya dengan mematikan inti komputasi saat tidak digunakan. Kemudian Independent Dynamic Core, yang mampu menyesuaikan kecepatan sesuai yang dibutuhkan. Untuk melakukan upgrade, pengguna juga hanya perlu mengganti prosesor saja, selama power serta thermal envelope pada infrastrukturnya sama.

Dua perusahaan besar yang menjadi mitranya juga menyambut gembira keberadaan prosesor ini. Hewlett-Packard telah menanam Opteron Quad Core pada server ProLiant-nya, sementara Microsoft yakin bahwa Opteron Quad Core akan memberikan inovasi baru pada penggunanya saat menjalankan produk Windows dan SQL Server 2008, serta Visual Studio 2008 milik mereka.

Intel sendiri diperkirakan baru akan meluncurkan prosesor native quad-core nya pada akhir 2007 atau awal 2008.

~ by Mahén on September 25, 2007.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: