iPod Touch: When Touch Came To iPod

Tak cukup hanya iPod classic, ditambah dengan begitu banyaknya respon yang diberikan para pengguna iPhone yang mengatakan bahwa iPhone merupakan iPod terbaik yang pernah diciptakan, menimbulkan banyaknya pertanyaan kapan Apple akan menggunakan teknologi tersebut ke dalam seri iPodnya. Seakan menjawab, Apple pun meluncurkan inovasi terbarunya, iPod Touch.

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

Menggunakan user interface seperti layaknya iPhone, iPod Touch tampil lebih slim. Dengan ketebalan hanya 8mm, iPod touch tampil lebih berkelas jika dibandingkan dengan iPhone. Pada dasarnya, iPod touch memiliki hampir seluruh fitur yang terdapat pada iPhone. Fitur yang dihilangkan dari produk ini adalah (tentu saja) fasilitas telepon, sms email dan google maps. Selain keempat fitur tersebut, iPod touch tampil dengan kelengkapan persis seperti iPhone.

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

Karena perangkat ini diciptakan lebih sebagai iPod, yang mampu menampilkan berbagai file multimedia, maka selain memiliki seluruh fitur standar yang ada pada iPhone, iPod touch juga dilengkapi dengan dua kapasitas storage yang lebih besar, 8 Gb yang dilepas seharga $299, dan 16Gb seharga $399.

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

Fitur iPod Touch. Seperti iPhone, iPod touch juga memiliki multi touch interface, sehingga mampu menampilkan slide unlock, slide through lists, double tap & the pinch (Apple really got me on this one *sighs*), keyboards, accelerometer, dan dengan antena wi-fi di sudut atasnya, iPod touch menjadi produk media player digital pertama yang mampu mengakses internet dan iTunes music store dimanapun penggunanya menemukan area wi-fi. Apple juga menambahkan beberapa fitur lainnya yang nantinya juga akan tersedia updatenya bagi para pengguna iPhone, free of charge. Diantaranya adalah:

Safari

Yak, dengan adanya software browser Apple Safari di dalamnya, iPod touch menjadi satu-satunya iPod yang memberikan akses internet pada penggunanya kemanapun mereka membawa serta iPodnya. Mampu menampilkan halaman web seperti pada personal computer atau notebook, menyesuaikan bookmarks, mencari info di web dengan touchscreen keyboard, juga menggunakan fasilitas zoom in/out dengan menggunakan tapping maupun pinch pada tampilan multi touchnya. Dengan demikian, bisa dikatakan bahwa iPod touch adalah music player pertama yang memiliki full internet browser di dalamnya.

YouTube

Dengan youtube player sebagai fasilitas standar, iPod touch mampu menampilkan berbagai free video yang tersedia di youtube. Setelah proses login, penggunanya dapat secara bebas menyaksikan sekian banyak video yang bertebaran di site ini melalui iPod touch. Dengan layar sebesar 3.5 inci, bisa dibayangkan betapa indahnya tampilan layar saat menonton video-video tersebut.

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

iTunes Wi-Fi Music Store

Dengan iPod touch, lagu-lagu baru dapat ditemukan dimana saja. Kemampuan wireless-nya memberikan akses ke iTunes Wi-Fi Music Store, sehingga hanya dengan sebuah tap pada layar, kita dapat membeli lagu apapun yang tersedia saat menelusuri daftar New Releases, What’s Hot, Just Added, atau bisa juga melalui quick search. Dimanapun.

Starbucks Music

Untuk fitur ini, Apple bekerja sama dengan Starbucks. Saat ke starbucks, kita sering mendengarkan playlist lagu yang mereka putar, dan biasanya ada lagu yang kita sukai namun kita tidak tahu judul dan nama penyanyinya. Dengan Starbucks Music, tidak hanya kita mengetahui judul lagu serta nama penyanyinya, tapi kita juga bisa memilikinya. Tinggal keluarkan iPod touch, kemudian iTunes Wi-fi Music store akan menampilkan lagu apa yang sedang didengar di Starbucks tersebut, bahkan disertakan juga 10 lagu yang telah diputar sebelumnya, dan lagu-lagu tersebut dapat dibeli langsung dengan menekan tombol buy yang disediakan. Sehingga pengguna dapat melakukan sip, shop & listen dalam waktu bersamaan.

~ by Mahén on September 20, 2007.

One Response to “iPod Touch: When Touch Came To iPod”

  1. great music site for the ipod touch: http://seeqpod.net/ipod touch you can also build a playlist on the main site http://www.seeqpod.net and it shows up on the ipod touch instantly

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: